Penasehat Hukum Yemima Layangkan Surat Perlindungan Hukum, Korban Nikah Diam-diam ini Minta Hakim Berikan Keadilan

Gelar Simulasi Sispam Kota, Wujud Kesiapan Polres Purwakarta Amankan Pemilu 2024
16 Oktober 2023
AKBP Edwar Zulkarnain Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Lodaya di Mapolres Purwakarta
17 Oktober 2023

MEDAN, Genus-bhayangkaraone

Penasehat Hukum korban Yemima Grace Daniela Hutagalung, mengirimkan surat permohonan perlindungan hukum dan kepastian hukum terkait kasus dugaan pemalsuan dokumen nikah yang dialami kliennya dengan terdakwa Sinalsal Satria Ginting.

Penasehat Hukum korban dari Pemuda Batak Bersatu (PBB) Paul J J Tambunan SE SH MH didampingi Marudut H Gultom dan Daniel S Sihotang mengungkapkan bahwa surat perlindungan hukum yang dilayangkan pada 15 Oktober 2023 itu ditujukan ke Mahkamah Agung (MA), Kamar Pidana MA, Kamar Pengawasan MA, Pengadilan Tinggi Riau, Pengadilan Negeri Pekan Baru, Komisi Yudisial wilayah Riau.

“Permintaannya, agar berkenan melakukan pengawasan terhadap persidangan dan memberikan perlindungan hukum kepada korban,” tegasnya.

Paul juga berharap agar putusan majelis hakim yang menyidangkan perkara dengan nomor 865/Pid.B/2023/PN/ dengan terdakwa Sinalsal Satria Ginting dapat menjadi produm hukum yang dapat menimbulkan efek jera bagi terdakwa maupun pria lain yang melakukan tindak pidana yang sama.

“Kita juga berharap agar majelis hakim dapat memberikan keadilan bagi klien kita,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Yimima Grace Daniela, yang merupakan istri dan juga korban pernikahan diam-diam yang dilakukan terdakwa mengungkapkan bahwa pada pekan depan hakim PN Pekan Baru akan membacakan vonis. Jadi dia berharap agar hakim dapat menjatuhkan vonis yang seadil-adilnya.

“Jadi saya berharap agar majelis hakim dapat memberikan saya keadilan sebagai korban karena terlalu banyak kerugian yang dialami keluarga saya dan orang tua saya,” pungkasnya.

Diketahui bahwa, kasus kawin diam-diam ini terungkap saat Yemima curiga dan pergi ke Riau untuk mengecek tanah yang mau dibeli terdakwa Sinalsal Satria Ginting, yang di mana tanah yang akan dibeli tersebut menggunakan uang dari orangtua Yemima Grace Daniela Hutagalung.

Namun tanah tersebut tidak pernah ada sehingga disaat itu jugalah terungkap bahwasanya Sinalsal Satria Ginting sudah menikah secara diam-diam di Riau dengan menggunakan uang hasil tipu daya dari mertuanya.

Terdakwa Sinalsal Satria Ginting diadili lantaran memalsukan dokumen nikah seperti KTP, Kartu Keluarga, dan status perkawinan agar bisa menikah dengan Yulia binti syahruddin secara diam-diam tanpa sepengetahuan Yemima Grace Daniela Hutagalung yang merupakan istri sahnya.(red)